EBTKE

Industri Kimia Hilir

EBTKE
Penghematan Energi

3.938.731 Gjoule

Berdasarkan Pelaporan Tahun 2013 - 2019

Industri kimia hilir telah memberikan kontribusi yang cukup signfikan terhadap perekonomian nasional. Sektor Industri kimia dinilai mampu meningkatkan nilai tambah bahan baku dalam negeri serta menambah penyerapan tenaga kerja serta penerimaan devisa. Saat ini, pemerintah sedang fokus untuk menumbuhkan industri kimia karena menjadi salah satu sektor prioritas berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0.
 

Efisiensi Energi di Sektor industri Kimia

Motor listrik kadang kala disebut “kuda kerja” nya sektor industri kimia sebab diperkirakan bahwa motor-motor menggunakan sekitar 70%  beban listrik total di sektor industri kimia. Motor listrik merupakan sebuah perangkat elektromagnetis yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Energi mekanik ini digunakan di industri kimia untuk misalnya, memutar impeller pompa, fan atau blower, menggerakkan kompresor atau mixer.

Efisiensi motor listrik merupakan pertimbangan penting dalam efisiensi keseluruhan peralatan berputar (rotating equipment). Efisiensi beban penuh motor induksi di atas sekitar 20 hp yang digunakan dalam pabrik pemrosesan biasanya antara 90 dan 96%. Efisiensi umumnya meningkat dengan meningkatnya ukuran motor. Namun, untuk ukuran apa pun ada berbagai motor yang tersedia dan motor "efisiensi tinggi" atau "premium" agak lebih mahal daripada yang standar. Perbedaan efisiensi beban penuh antara efisiensi tinggi dan motor standar biasanya sekitar 2,5%, tetapi perbedaan ini cenderung meningkat pada kondisi beban bagian, yang merupakan tempat banyak motor berjalan. Biaya listrik mencapai sekitar 96?ri total biaya siklus hidup motor, sehingga dalam sebagian besar aplikasi biaya tambahan motor efisiensi tinggi dapat dengan mudah dibenarkan.

Efisiensi operasi motor listrik tergantung pada beberapa hal:
  • Desain motor: motor yang lebih baru biasanya lebih efisien daripada motor yang lebih tua.
  • Ukuran motor: motor yang lebih besar umumnya lebih efisien daripada motor yang lebih kecil.
  • Kecepatan operasi motor: motor 1800 rpm sedikit lebih efisien daripada 1200 rpm dan motor 3600 rpm dengan ukuran yang sama.
  • Beban motor: beban mempengaruhi efisiensi pengoperasian.
 

Daftar Pustaka:

  1. https://ekonomi.bisnis.com/read/20190129/257/883700/industri-kimia-siap-bersaing-dalam-pengembangan-industri-4.0
  2. Analisis Informasi Perkembangan Teknologi Industri, Pusdatin Kemenperin 2019
  3. https://kemenperin.go.id/artikel/21035/Industri-Kimia-Hilir-Sumbang-PDB-Hingga-Rp-91,7-Triliun
  4. Pelaporan Manajemen Energi. 2019
 

Artikel Kisah Sukses

Kumpulan Kisah Sukses dari Pengguna Energi

BANTUAN LEBIH LANJUT

Silahkan Menghubungi Kami Melalui Website Sinergi